Artificial Intelligence : Machine Learning

Hasil gambar untuk Machine Learning

Machine Learning adalah suatu ilmu dalam bidang Artificial Intelligence yang mempelajari bagaimana membuat algoritma yang dapat “belajar” dengan sendirinya menggunakan pola-pola pada suatu data yang tidak sedikit jumlahnya. Istilah Machine Learning ini, bukan berarti hasil akhirnya adalah berupa mesin (kecuali robot). Istilah “mesin” dalam Machine Learning adalah algoritma yang dapat dibuat untuk memudahkan suatu pekerjaan. Tujuan dari Machine Learning ini adalah bagaimana algoritma dapat mengenali secara otomatis pola-pola didalam data sehingga mesin tersebut menjadi cerdas dan dapat membantu suatu pekerjaan. Setelah menjadi cerdas, barulah dapat dikatakan suatu “mesin” tersebut adalah Machine Learning karena “mesin” tersebut dapat belajar dengan sendirinya dengan mengetahui maksud dari data-data yang ada.
Pada zaman teknologi seperti sekarang ini, Machine Learning membawa dampak yang berpengaruh bagi kehidupan manusia. Dampak positif adanya hasil dari Machine Learning adalah manusia akan lebih mudah dalam melakukan suatu pekerjaan seperti menerjemahkan Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris, begitupun sebaliknya. Lalu, Machine Learning juga banyak dipakai diberbagai bidang seperti bidang kedokteran, bisnis, teknologi dan masih banyak lagi. Dilihat dari dampak negatif dari Machine Learning itu sendiri, membuat manusia menjadi malas untuk melakukan sesuatu karena membuat manusia berketergantungan terhadap Machine Learning. Kemudian, Machine Learning itu sendiri juga dapat membuat banyak manusia kehilangan pekerjaannya karena Machine Learning akan bekerja dan belajar lebih cepat daripada manusia.
Yang saya ingin buat dalam hal Machine Learning adalah di dalam dunia Game. Dimana bila kita bermain dengan computer (musuh), computer tersebut dapat mempelajari pola-pola kita memainkan game tersebut. Sehingga semakin lama computer akan semakin pintar dan juga membuat player tidak mudah menang. Karena cara bermain setiap player berbeda-beda maka, computer akan membandingkan pola permainan satu sama lain. Bila pola bermain seorang player memiliki persamaan dengan player lain, maka computer akan mempelajarinya dan mengembangkan cara-cara untuk mengalahkan player. Bila terdapat pola permainan atau player baru, computer akan mempelajarinya sampai menjadi cerdas melebihi kemampuan dari player itu sendiri.

Tirta Prana Bhakti

1901457681

Odd Semester 2016/2017

School of Computer Science, Bina Nusantara University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *